-20%

Runtuhnya Universalitas Sosiologi Barat

Rp120,000.00 Rp96,000.00

Deskripsi

Para penulis agung berkata, “Fata sua habent lebelli”, setiap buku memiliki sejarahnya sendiri. Adapun sejarah buku yang ada di tangan pembaca ini adalah sejarah keprihatinan atas keangkuhan sosiologi Barat dalam menilai “segala sesuatu” yang ada di dunia non-Barat. Keangkuhan itu bisa ditelisik setidaknya lewat kepicikan cara pandang akademik kaum Orientalis yang mengingkari signifikansi kebudayaan non Barat. Mereka menilai bahwa kebudayaan non-Barat adalah kebudayaan yang tidak terjamah oleh rasionalitas modernisasi.

Atas dasar itulah Bryan s. Turner mencoba melakukan suatu “pembongkaran wacana” terhadap apa saja yang selama ini pernah dilontarkan oleh dunia Barat, terkhusus lagi mengenai wacana Orientalisme (Islam vis a vis Barat), Postmodernisme, dan Globalisme: tiga masalah krusial yang kerap menyedot energi intelektual kita. Dengan menggunakan analisis kultural, Turner berupaya menjadi kaca benggala yang memantulkan realitas sesungguhnya; jika sesuatu itu A, ya dikatakan A, jika B yang dikatakan B, begitu seterusnya. Sebuah kejujuran intelektual yang jarang dimiliki oleh siapa pun.

Melalui kajian mendalam, Turner memberikan kritik-kritik tajam terhadap tokoh-tokoh besar orientalisme klasik. Turner juga membicarakan dampak globalisasi pada Islam, sifat hakiki studi ketimuran dan dekolonisasi, serta konsep tentang “dunia” dalam sosiologi. Sebuah kerja mahaberat yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang!

Informasi Tambahan

Berat 500 g
Penerbit

Halaman

404 halaman

Dimensi

15 x 21 cm

Cetakan

2020

Review

Belum ada ulasan.

Hanya pelanggan yang telah membeli produk ini yang dapat memberikan ulasan.