-10%

Runtuhnya Hindia Belanda

Rp85,000.00 Rp76,500.00

Stok habis

Deskripsi

Menyerahnya Belanda kepada Jepang pada bulan Maret 1942 telah dianggap sebagai titik terakhir dari kekuasaan kolonialnya di Indonesia yang telah berlangsung selama tiga abad. Namun tanpa peristiwa itu pun sesungguhnya awal dari proses runtuhnya kekuasaan kolonial Belanda di Indonesia telah nampak sejak permulaan abad ini ketika benih-benih nasionalisme Indonesia modern mulai menampakkan dirinya. Proses itu makin nyata pada pertengahan 1920-an hingga awal tahun 1940-an dengan munculnya aspirasi gerakan-gerakan nasionalis yang dengan tegas menuntut kemerdekaan Indonesia. Situasi internasional yang ditandai oleh Perang Dunia II, melalui mana Jepang mengambil alih kekuasaan Belanda di Indonesia selama tiga setengah tahun, hanyalah merupakan faktor yang mempercepat proses keruntuhan tersebut yang sudah berakar jauh sebelumnya.

Dalam buku ini, Dr Onghokham mengurai proses tersebut dengan menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhinya, baik faktor dalam negeri Indonesia maupun faktor-faktor internasional, termasuk juga perkembangan politik di Negeri Belanda sendiri.

Kekayaan informasi dan analisis kritis yang terkandung di dalamnya, membuat buku ini perlu dibaca oleh mereka yang ingin mempelajari suatu periode yang sangat menentukan dalam sejarah bangsa Indonesia.

 

Additional information

Berat 450 g
Penerbit

Penulis

Cetakan

2014

Halaman

387 halaman

Dimensi

15 x 21 cm

Review

Belum ada ulasan.

Hanya pelanggan yang telah membeli produk ini yang dapat memberikan ulasan.

Close Menu
×
×

Cart

WhatsApp chat WhatsApp us