-15%

Politik Kerakyatan Menurut Niccolo Machiavelli (Cerita Bergambar)

Rp65,000.00 Rp55,000.00

Deskripsi

Penaklukan Prancis di bawah Raja Charles VIII atas serdadu sewaan Firenze dan kotakota lain di Italia, 1494, sangat membekas dalam jiwa Niccolò Machiavelli dan menjadi pokok pemikirannya yang sangat penting. Dengan mengkaji peristiwa itu apa adanya (dan peristiwa lain yang serupa), ciri khas semangat Renaissance, Niccolò Machiavelli menemukan cara-cara nyata merebut, mempertahankan, dan kehilangan kekuasaan. Semua itu menjadi bahan untuk karyanya Il Principe (Politik Kekuasaan).

Kehadiran Il Principe membuat Machiavelli kerap salah dimengerti dan dikenal sebagai tokoh yang amoral karena dianggap penganut paham “tujuan menghalalkan cara”. Padahal, buku itu hanya memaparkan tindakan dan kelakuan seorang penguasa untuk merebut dan mempertahankan kekuasaan, bukan cetusan nurani pemikir abad pertengahan ini. Machiavelli, berbeda dengan anggapan umum, sesungguhnya memihak sistem republik, sebagaimana tecermin dalam karyanya yang lain yang dikenal secara singkat sebagai Discorsi.

Politik Kerakyatan merupakan saduran Discorsi. Disajikan dalam bentuk berilustrasi, diharapkan buku ini dapat memudahkan kita memasuki pemikiran Machiavelli, tokoh yang diakui sebagai pelopor ilmu politik modern, sebagaimana Adam Smith bagi ilmu ekonomi modern.

Informasi Tambahan

Berat 250 g
Penerbit

Halaman

viii + 122 halaman

Dimensi

14 x 21 cm

Cetakan

2015

Review

Belum ada ulasan.

Hanya pelanggan yang telah membeli produk ini yang dapat memberikan ulasan.