-16%

Peristiwa Andi Azis

Rp35,000.00 Rp29,500.00

Deskripsi

Andi Aziz adalah sosok langka dalam KNIL. Perjalanan hidupnya bisa dibilang kontrarevolusioner dalam sejarah Indonesia. Ia dipersalahkan atas Pemberontakan Andi Aziz di Makasar pada April 1950. Tujuan utama gerakan Andi Aziz adalah mempertahankan NIT. Namun, pemerintah NIT sendiri justru kecewa dengan apa yang dilakukan Andi Aziz.
Pemberontakan yang mengakibatkan kerusuhan itu membuat pemerintah RIS di Jakarta mengirimkan ultimatum kepada Andi Aziz, namun hal tersebut tidak segera dihiraukannya. Akhirnya, pemerintah RIS menjadikan Andi Aziz pesakitan karena ia terlambat memenuhi panggilan pemerintah itu.
Di masa hukumannya, Andi Aziz mengaku didatangi utusan Sukarno untuk menghadap Sukarno. Oleh Sukarno, Andi Aziz ditawari menjadi Komandan Cakrabirawa-pasukan pengawal Presiden Sukarno di masa Orde Lama. Namun, tawaran itu ditolak oleh Andi Aziz akibat sakit hati yang membekas karena pemerintah telah menahannya seperti seorang penjahat. Sukarno pun kehilangan orang berbakat unuk menjadi pengawalnya dalam Cakrabirawa.

Bagaimana kisah Andi Aziz sebenarnya? Apa yang ingin ia perjuangkan dalam gerakannya ataukah ini hanya sebuah tindakan prajurit gila perang yang tidak jelas tujuannya?

Informasi Tambahan

Berat 250 g
Penerbit

Penulis

Cetakan

2009

Halaman

iv + 104 halaman

Dimensi

14.3 x 20.5 cm

Review

Belum ada ulasan.

Hanya pelanggan yang telah membeli produk ini yang dapat memberikan ulasan.