-10%

Peran Borjuasi

Rp50,000.00 Rp45,000.00

Stok habis

Deskripsi

Buku ini secara garis besar berisi peran borjuasi dalam perubahan masyarakat dan kebudayaan Eropa abad ke-17 dan ke-18. Kedua abad itu penting karena merupakan masa awal kaum borjuis memberi pengaruh besar atas perkembangan masyarakat Eropa modern.

Embrio kaum borjuis sudah terbentuk pada masa Renaisans di abad ke-15 dan ke-16. Namun baru di awal abad ke-17 kaum borjuis keluar dari embrionya. Di sini, Kunto meneliti sejauh mana pemikiran dan interaksi antar-penduduk didasarkan pada cita-cita borjuasi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apa saja sumbangan kaum borjuis. Pada sisi lain, ditelaah juga kejahatan yang dibuat kaum borjuis sehingga dikutuk kaum marxis.

Kunto menitikberatkan pada borjuasi di Prancis dan Inggris, tempat kaum borjuis matang dan tempat terjadinya revolusi industri dan politik. Memang ada negara lain, seperti Italia dan Jerman, tapi di sana borjuis tak berkembang penuh. Italia waktu itu dijajah Spanyol dan mengalami kemunduran setelah memainkan peran besar di abad ke-14 dan ke-15. Hal serupa terjadi pada ekonomi dan kebudayaan Jerman.

Kunto membagi telaahnya dalam beberapa bab, seperti “Borjuasi dan Perkembangan Masyarakat”, “Borjuasi dan Perkembangan Ekonomi”, “Borjuasi dan Perkembangan Pemikiran”, serta “Borjuasi dalam Krisis dan Kritik”. Skripsi Kunto tahun 1969 di Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, ini adalah bukti keseriusannya atas sejarah. Di sana terlihat pola dasar analisis dan pemikirannya.

Informasi Tambahan

Berat 350 g
Penerbit

Penulis

Cetakan

2019

Halaman

215 halaman

Dimensi

14 x 21 cm

Review

Belum ada ulasan.

Hanya pelanggan yang telah membeli produk ini yang dapat memberikan ulasan.