-15%

PEMBANTAIAN TIMOR TIMUR : Horor Masyarakat Internasional

Rp65,000.00 Rp55,250.00

Stok habis

Deskripsi

Timor Timur merdeka dari Indonesia setelah mereka menentukan nasib sendiri dengan referendum pada 30 Agustus 1999. Kemerdekaan yang berdarah-darah. Puncaknya meledak seusai pengumuman jajak pendapat pada 4 September tahun itu. Begitu rakyat Timor Timur menyatakan keinginanannya melepaskan diri dari belenggu Indonesia selama 24 tahun, kerusuhan massa pecah di mana-mana. Kerusuhan massa pecah di mana-mana. Kelompok paramiliter muncul di mana-mana, bikin onar, dan membantai orang-orang yang memperjuangkan kemerdekaan.

Sejak itu, Timor Timur kembali ke titik nol. Tiga tahun kemudian, 20 Mei 2002, ia merdeka. Dengan luka yang menganga tentu saja. Luka itu jelas menunjukkan bagaimana kejamnya perlakuan yang ia terima selama menjadi provinsi termuda di Indonesia. Ia sempat berada di “titik minus” peradaban. Bahkan sempat “hilang” dari jejak kemanusiaan, terusir dari tanahnya sendiri.

Buku ini mencoba memotret kejahatan kemanusiaan yang pernah melenyapkan tanah Lorosa’e tersebut. Ditulis secara empirik berdasarkan laporan kekacauan dan amuk massa 1999, buku ini secara tajam mengupas keterlibatan negara dalam upaya pengerdilan sebuah bangsa. Analitif dan reflektif. Menyakitkan bagi mereka yang terlibat, tetapi menyembuhkan peradaban.

Informasi Tambahan

Berat 450 g
Penerbit

Penulis

Cetakan

2008

Halaman

375 halaman

Dimensi

15,5 x 23 cm

Review

Belum ada ulasan.

Hanya pelanggan yang telah membeli produk ini yang dapat memberikan ulasan.