-20%

PARADIGMA ISLAM : Interpretasi untuk Aksi

Rp128,000.00 Rp102,400.00

Stok 5

Deskripsi

Menghadapi abad ke-21, umat Islam perlu menciptakan kode-kode baru yang dapat dimengerti oleh masyarakat dan budaya masa kini. Kompleksitas budaya memerlukan kompleksitas sistem kode. Kita percaya kepada satunya umat Islam, tetapi kita dituntut untuk berbahasa secara beragam. Kita bersatu dalam bahasa induk, Al-Qur’an dan Sunnah, tetapi beragam dalam bahasa-bahasa baru.
— Kuntowijoyo –

Buku ini merekam hampir semua tema penting pemikiran keislaman Kuntowijoyo, terutama mengenai realitas historis dan empiris Islam di Indonesia. Dengan mengkaji sejarah sosial umat, secara brilian Kuntowijoyo melihat adanya koherensi historis Islam di Indonesia sebagai suatu fenomena yang unik, dan oleh karena itu dia menyatakan perlunya interpretasi-interpretasi tematik untuk memahaminya.

Analisisnya mengenai proses transformasi sosial umat Islam dalam suatu kurun panjang sejarah — sejak zaman Demak hingga Orde Baru — merupakan temuan yang paling penting dari kajian historisnya itu. Dari sinilah dia bukan saja berhasil menawarkan semacam pendekatan baru dalam kajian-kajian keislaman yang selama ini cenderung didominasi oleh pendekatan normatif, tetapi juga memberikan kerangka paradigmatik untuk menafsirkan apa yang sedang terjadi, dan ke mana gerakan transformasi tersebut sebaiknya diarahkan.

Additional information

Berat 600 g
Penerbit

Penulis

Cetakan

2017

Halaman

xxx + 447 halaman

Dimensi

16 x 24 cm

Review

Belum ada ulasan.

Hanya pelanggan yang telah membeli produk ini yang dapat memberikan ulasan.

Close Menu
×
×

Cart

WhatsApp chat WhatsApp us