-15%

Ngelmu Kahanan dan Manusia Jawa

Rp57,000.00 Rp48,500.00

Deskripsi

Orang Jawa terdidik untuk selalu ngerti kahanan, yakni harus mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi di mana ia berada. Maka orang Jawa dikenal mudah beradaptasi terhadap segala perubahan. Inilah yang membuat orang Jawa mampu bertahan dalam kondisi sesulit apapun.

Prinsip ngerti kahanan ini tidak muncul begitu saja. Ada proses panjang berupa pengalaman orang Jawa dalam menghadapi labilnya perpolitikan lokal selama berabad-abad yang membawa pada ketidakpastian. Maka muncul pula prinsip ojo kagetan lan ojo gumunan (jangan mudah kaget dan kagum) hingga membawa diri untuk urip sakmadya (hidup sekedarnya saja). Rasa pasrah muaranya. Tidak ada ambisi berlebih.

Ditambah lagi dengan masuknya beberapa budaya asing ke Jawa, mulai dari Hindu, Buddha, Islam, hingga modernisasi ala Eropa yang membuat orang Jawa merasa nyaman untuk ngeli ning ora keli (mengikuti arus tapi tidak hanyut). Tak mengherankan jika budaya dan nilai keyakinan orang Jawa pun bersifat sinkretik, hasil dari penyerapan unsur-unsur asing tersebut.

Sebuah kajian budaya tentang karakteristik manusia Jawa tersaji secara ilmiah dan sistematis dalam buku ini. Juga disertai nilai lebih dan kurangnya sebagai bahan introspeksi dan solusi untuk kemajuan bersama. Ditulis oleh seorang Guru Besar Ilmu Budaya UGM yang sudah puluhan tahun mengamati dan membaur dengan masyarakat Jawa.

Informasi Tambahan

Berat 250 g
Penerbit

Penulis

Halaman

128 halaman

Dimensi

14 x 21 cm

Cetakan

2020

Review

Belum ada ulasan.

Hanya pelanggan yang telah membeli produk ini yang dapat memberikan ulasan.