-15%

Menyingkap Jati Diri Al-Qur’an

Rp70,000.00 Rp59,500.00

Deskripsi

Apakah Nabi Muhammad tahu bahwa al-‘Alaq yang ia terima di gua Hiras adalah Al-Quran pada saat peristiwa itu terjadi? Apakah kaum Quraish tahu bahwa apa yang disampaikan oleh Nabi Muhammad kepada mereka adalah Al-Quran? Sejak kapan mereka mengetahui bahwa lantunan wahyu yang disampaikan Nabi Muhammad ternyata bukan sya’ir seperti yang biasa mereka hadapi, melainkan sebuah kitab suci baru yang berasal dari Tuhan?

Pertanyaan-pertanyaan di atas adalah apa yang ingin dijawab oleh buku ini. Bukan untuk mempertanyakan apalagi menolak status transendensi Al-Quran sebagai kitab suci atau wahyu, pertanyaan-pertanyaan tersebut meneropong pengetahuan bangsa Arab tentang kemunculan Al-Quran dan bagaimana pengetahuan tersebut terbangun. Buku ini mengungkap bahwa Al-Quran sendiri secara aktif memainkan peran sebagai agen bersama Nabi Muhammad untuk menciptakan pengetahuan baru di tengah masyarakat Arab ketika itu tentang keberadaan sebuah kitab suci baru yang bernama Al-Quran.

Buku ini merupakan upaya untuk melihat bagaimana perjuangan AlQuran menciptakan identitasnya di antara dua kutup besar ahl al-kitáb dan ummiy. Objek material difokuskan kepada penggunaan terma asma’ al-qur’an yang disusun secara tartib al-nuzuli. Penelaahan ini mengungkap bahwa penggunaan-penggunaan terminologi asmas al-Qur’an; al-qur’án, al-kitab, alzikr, dan al-furqán dalam Al-Quran bekerja dengan mekanisme tertentu, yang dengannya Al-Quran memperkenalkan identitasnya sebagai kitab suci baru di tanah Arab ketika itu. Dengan mekanisme tersebut, Al-Quran membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama untuk mengokohkan eksistensinya sebagai sebuah kitab suci baru di dunia Arab. Kira-kira sebelum peristiwa pemboikotan Banú Hásyim, penduduk Makkah telah mengakui eksistensi Al-Quran sebagai kitab suci tersendiri, meskipun sebagian mereka tidak mengimaninya.

Informasi Tambahan

Berat 300 g
Penerbit

Penulis

Halaman

xxiv + 170 halaman

Dimensi

14 x 21 cm

Cetakan

2021

Review

Belum ada ulasan.

Hanya pelanggan yang telah membeli produk ini yang dapat memberikan ulasan.