-15%

Menambang Emas Di Tanah Bencana

Rp60,000.00 Rp51,000.00

Stok 5

Deskripsi

“Buku ini telah jauh melampaui kemampuan sebuah film dokumenter mengisahkan apa yang sedang dihadapi warga di pesisir ujung timur pulau jawa, dan narasi klise apa saja yang terus diproduksi Negara dalam pemujaannya di atas altar kapitalisme.” – Dandhy Laksono
—–

Kekayaan alam adalah berkah. Investasi dibutuhkan untuk mengolahnya. Karpet merah musti digelar untuk perusahaan tambang. Kesempatan kerja akan terbuka. Pendapatan daerah dan nasional meningkat.
Dengan demikian, kesejahteraan masyarakat semakin membaik. Narasi ini kerap digaungkan untuk mendukung eksploitasi sumber daya alam.
Namun, bagaimana kenyataannya?

Buku ini merupakan hasil liputan mendalam yang merentang selama 10 tahun. Penulis menunjukkan mengapa narasi itu jauh panggang dari api. Liputan ini bisa memberikan gambaran atas suatu fenomena sosial yang tampak anomali, di mana wilayah di sekitar eksplorasi sumber daya alam justru mengalami pemiskinan. Dengan gaya jumalisme prosa, penulis terjun langsung di pesisir selatan Banyuwangi menginvestigasi apa dan bagaimana dampak sosial dan ekologis serta konflik-konflik yang timbul dari eksploitasi sumber daya alam di sana. la juga menyingkap bagaimana sumberdaya alam begitu mudahnya dijarah untuk kepentingan privat dengan menggunakan kendali struktural lembaga publik.

Additional information

Berat 300 g
Penerbit

Penulis

Cetakan

2019

Halaman

222 halaman

Dimensi

14 x 20 cm

Review

Belum ada ulasan.

Hanya pelanggan yang telah membeli produk ini yang dapat memberikan ulasan.

Close Menu
×
×

Cart

WhatsApp chat WhatsApp us