-10%

KUASA UANG: Politik Uang dalam Pemilu Pasca Orde Baru

Rp100,000.00 Rp90,000.00

Stok habis

Deskripsi

Buku ini melakukan investigasi terhadap dampak politik uang terhadap akuntabilitas lembaga-lembaga demokrasi dan representasi kebijakan di negara-negara demokrasi baru. Untuk itu, buku ini menyajikan studi yang komprehensif mengenai dinamika jual-beli suara dalam konteks demokrasi yang baru tumbuh di Indonesia, dengan mengeksplorasi karakteristik, intensitas, determinan, strategi penargetan, dan efek elektoral politik uang.

Studi ini membahas isu-isu sentral tersebut dalam konteks studi perbandingan mengenai pembelian suara, dengan argumen bahwa meskipun loyalis partai cenderung menjadi target operasi pembelian suara, secara absolut—mengingat jumlah pemilih loyalis relatif kecil di Indonesia—insentif material itu justru jatuh ke tangan para pemilih mengambang.

Riset ini juga menunjukkan bahwa efektivitas politik uang terhadap pilihan suara ‘hanya’ dalam kisaran 10 persen. Meskipun tampak kecil, dalam konteks sistem proporsional terbuka, efek sebesar 10 persen tersebut lebih dari cukup bagi banyak calon mendapatkan kemenangan. Inilah yang menjelaskan mengapa politisi begitu antusias mengejar politik uang, meskipun tingkat kebocorannya sangat tinggi.

Informasi Tambahan

Berat 550 g
Penerbit

Halaman

416 halaman

Dimensi

14 x 21 cm

Cetakan

2020

Review

Belum ada ulasan.

Hanya pelanggan yang telah membeli produk ini yang dapat memberikan ulasan.