-15%

KIAI SADRACH; Riwayat Kristenisasi di Jawa

Rp150,000.00 Rp127,500.00

Deskripsi

Sesudah tahun 1830 di pedesaan Jawa muncul pelbagai kelompok Kristen yang terlepas dari aktivitas misionaris Eropa.
Claude Guillot memaparkan di sini riwayat salah satu kelompok tersebut dengan menelusuri perjalanan hidup pemimpinnya, Sadrach Surapranata (1835-1924).

Berasal dari keluarga miskin, Sadrach pada masa mudanya berkelana di Pulau Jawa untuk menuntut ilmu. Setelah berguru di sana-sini, ia akhirnya memeluk agama Kristen. Tidak lama kemudian, dengan mengikuti pola kerja “guru ngelmu”, ia sendiri terjun menyebarkan agama yang dianutnya. Dan ia berhasil. Tetapi apa lacur? Sadrach terpaksa berhadapan dengan misionaris Eropa yang menuntut hegemoni atas jemaahnya. Kiai Kristen ini menolak dan mendirikan sekte sendiri.

Penelitian atas kasus Sadrach menjelaskan jelannya penyebaran agama di Jawa, yang telah menerima agama Hindu, Budha, dan Islam tanpa peperangan maupun penaklukan. Dalam pada itu, sejarah Sadrach dan pergerakannya merupakan sebuah dokumen tentang kehidupan di pedesaan pada abad ke-19, yang sedikit banyaknya menyingkapkan reaksi rakyat terhadap perubahan sosial-ekonomi yang timbul akibat penjajahan Eropa.

Karya Guillot ini adalah buku pertama yang memperoleh Prix Jeanne Cuisinier (a981), sebuah hadiah yang diberikan oleh institut National des Langues e Civilisations Orientales, Paris, untuk buku-buku terbaik mengenai Indonesia yang ditulis dalam bahasa Prancis. C. Guillot, yang dilahrikan tahun 1944, berpendidikan sastra klasik dan pernah menjadi dosen bahasa Prancis pada Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 1973-1981.

Informasi Tambahan

Berat 550 g
Penerbit

Penulis

Penerjemah

Asvi Warman Adam

Halaman

460 halaman

Dimensi

14.5 x 20.5

Cetakan

2020

Review

Belum ada ulasan.

Hanya pelanggan yang telah membeli produk ini yang dapat memberikan ulasan.