-20%

Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam

Rp95,000.00 Rp76,000.00

Deskripsi

PENDIDIKAN merupakan proses dari upaya manusia untuk mengembangkan segenap potensinya agar menjadi pribadi yang seimbang: jasmani dan ruhani. Tanpa pendidikan, jangan harap manusia sekarang berbeda kualitasnya dengan manusia zaman dulu Yang sangat tertinggal, baik kualitas kehidupan maupun capaian dari proses-proses perancangan masa depannya. Maju mundurnya sebuah peradaban bangsa akan ditentukan bagaimana pendidikan yang dijalani oleh masyarakatnya.

Lantas, bagaimana para tokoh pendidikan Muslim mengulik ihwal pemikiran dunia pendidikan dari masa ke masa? Secara kronologis, buku ini memuat jawaban dari pertanyaan tersebut. Buku ini menyajikan pokok-pokok pemikiran pendidikan Islam sedari masa Nabi Muhammad sampai masa pembaruan pendidikan, yaitu masa Khulafa Al-Rasyidin, Bani Umayyah, Bani Abbasiyah. Juga memuat para pemikir pendidikan Islam terkemuka, seperti Al-Ghazali dan Ibn Khaldun.

Andil para pemikir pendidikan tanah air seputar pendidikan juga tak lepas dari bidikan penulis, seperti K.H. Ahmad Dahlan, K.H. Hasyim Asy’ari, dan lain-lain. Penelusuran pemikiran tokoh-tokoh pendidikan Islam tersebut bukan merupakan perayaan atas romantisisme kejayaan intelektual umat Islam di masa lalu, melainkan untuk memelihara kesinambungan keilmuan sekaligus menelisik lebih jauh pemikiran-pemikiran kependidikan mereka untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan dalam rangka membenahi sistem pendidikan Islam, terutama di Indonesia.

Informasi Tambahan

Berat 450 g
Penerbit

Penulis

Halaman

316 halaman

Dimensi

14 x 21 cm

Cetakan

2020

Review

Belum ada ulasan.

Hanya pelanggan yang telah membeli produk ini yang dapat memberikan ulasan.