-15%

HAYATAN GAMELAN; Kedalaman Lagu, Teori dan Perspektif

Rp60,000.00 Rp51,000.00

Deskripsi

Dalam buku ini, ia berusaha tekun memahami dan menjelaskannya. Tesisnya mengenai kedalaman lagu gamelan di tahun 1976 (bagian pertama buku ini) merupakan reputasi menyejarah dan berpengaruh luas yang masih menggema sampai sekarang. Banyak teoritikus terpengaruh tesis ini. Marc Periman, mahasiswa Universitas Wesleyan (sekarang profesor di Universitas Brown), tahun 1994 berhasil menulis tesis yang isinya terfokus pada gagasan kedalaman lagu gamelan. Tesis ini adalah wacana yang memberi kontribusi besar yang tak habis-habisnya.

Teori dan analisis gending dalam buku ini sebagian besar terumuskan di saat ia menjadi asisten Pak Marto Pengrawit di ASKI (sekarang ISI) Surakarta tahun 1968-69. Bagian buku ini mulai dengan bahasan praktik dan analisis instrumen depan, yaitu gender. Kemudian, dengan ilustrasi sejarah dan fungsinya, gamelan sekaten dilihat keunikan musikalnya. Karena keterbatasan wilayah nada tiap instrumen yang hanya satu oktaf, dalam memainkan gending musisi harus memecah konsentrasi pada lagu gending berwilayah luas di satu pihak, dengan lagu instrumen dengan keterbatasan luas oktaf di lain pihak. Kemudian elaborasi sejarah gending kalunta dilengkapi nama-nama makna gending dan pemberian nama gending ini oleh penciptanya. Terakhir, ia sangat terkesan naskah K.R.T. Warsadiningrat, Sosorah Bab Gamelan, yang isinya menegaskan pendapat bahwa lagu vocal berperan penting dalam lagu gending. Maka naskah berbahasa Jawa ini diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Buku ini adalah jerih payah dari usaha yang tekun untuk memahami dan menjelaskan konstruks, batasan, dan proposisi musikal gamelan. Secercah cahaya yang menerangi kegelapan sotisfikasi teoritik karawitan Jawa memancar dari buku ini. Memang sulit memahami kenapa Prof. Dr. Sumarsam bersusah payah menyusuri lorong sunyi. Untuk apa bertekun diri dengan konstruks dan konsepsi karawitan Jawa yang mencitra hingga manca negara? Buku inilah yang akan menegaskan jawabannya.

Additional information

Berat 300 g
Penerbit

Penulis

Cetakan

2019

Halaman

xvi + 200 halaman

Dimensi

15.5 x 23.5 cm

Review

Belum ada ulasan.

Hanya pelanggan yang telah membeli produk ini yang dapat memberikan ulasan.

Close Menu
×
×

Cart

WhatsApp chat WhatsApp us