-15%

Fondasi Psikopatologi Islam

Rp85,000.00 Rp72,500.00

Stok habis

Deskripsi

Buku induk yang menjadi rujukan standar para psikolog dan psikiater, seperti PPDGJ (Panduan Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa), cenderung menggolongkan pengalaman mistis sebagai bagian dari gejala gangguan jiwa, khususnya Skizofrenia. Dengan acuan itu, orang-orang yang memiliki pengalaman mistis pada saat bersamaan adalah orang-orang yang sedang mengalami gangguan kejiwaan, dan ini mencakup para nabi dan para wali. Akan tetapi, benarkah seperti demikian? Lalu, bagaimana menjustifikasi bahwa pengalaman mistis adalah pengalaman presensial atau ontologis yang otentik?

Berangkat dari persoalan-persoalan seperti itu, pertama-tama buku ini dilalui dengan menjelaskan bahwa kerusakan atau gangguan jiwa berakar pada hati yang busuk. Dewasa ini, gangguan jiwa sendiri memiliki ruang yang lebih luas dalam studi ilmiah. Studi ilmu tersebut disebut sebagai psikopatologi. Dalam studi Islam pun mulai dibangun Psikopatologi Islam. Dengan pendekatan integratif antara ilmu-ilmu dalam Islam, tafsir Quran, filsafat Islam, dan tasawuf, buku ini hadir mencoba memberikan kerangka dasar yang kokoh untuk studi seperti itu.

Kedua, Buku ini dibentengi oleh filsafat Islam yang berpijak pada tesis-tesis Shadrian mengenai realitastermasuk realitas pengalaman mistis. Dengan berpijak pada tesis Shadrian sendiri integrasi keilmuan sesungguhnya dapat ditemukan, tetapi tujuannya adalah selain itu, yaitu penjelasan rasional, logis, dan filosofis terhadap persoalan gangguan jiwa seperti sumber-sumbernya dan implikasi-implikasinya. Di sisi lainnya, tasawuf juga telah memiliki klasifikasi berbagai jenis-jenis gangguan jiwa sehingga ia dapat memberikan pengarahan pada subjek menuju pada pencerahan ilahi.

Masalah lainnya adalah adanya bentrok fondasi ilmu: psikologi dan psikiatri yang bercorak empirism vis a vis ilmu-ilmu keislaman yang bercorak non-empiris. Keduanya memiliki horizon berbeda dalam menangani suatu gejala. Fokus buku bermotif metafisika ini sesungguhnya harapan baru dalam keilmuan Islam. Di sini tidak ada usaha untuk mencocok-cocokkan satu disiplin dengan disiplin lainnya, melainkan mencari koherensi dan kemungkinan-kemungkinan integrasi yang tertib.

Additional information

Berat 550 g
Penerbit

Penulis

Cetakan

2019

Halaman

xxvi + 441 halaman

Dimensi

15 x 23 cm

Review

Belum ada ulasan.

Hanya pelanggan yang telah membeli produk ini yang dapat memberikan ulasan.

Close Menu
×
×

Cart

WhatsApp chat WhatsApp us