-15%

Elite vs Massa

Rp45,000.00 Rp38,250.00

Stok 5

Deskripsi

W.F. Wertheim dikenal sebagai seorang ilmuwan yang telah lama bergelut dengan pedesaan, perubahan sosial dan revolusi Indonesia. Ia juga dikenal sebagai orang yang mencurahkan tenaga dan fikiran untuk mengekspos rezim Soeharto sebagai suatu rezim penindas yang tak berperikemanusiaan.

Lewat buku ini, Wertheim menguak proses bagaimana elit baik yang datang dari kalangan ilmuwan, pejabat, peneliti maupun pemimpin informal di Indonesia dengan sadar atau tak sadar mengabaikan dan menyingkirkan keberadaan massa rakyat. Oleh kaum elit ini, rakyat biasa dan kaum yang paling miskin dianggap sebagai: “Orang biasa yang tak perlu dianggap penting” dan “massa rakyat yang bodoh dan tak tahu apa-apa”. Karena melupakan dan meremehkan massa rakyat, maka konsekuensinya para ilmuwan, pejabat dan peneliti ini cenderung mengabaikan, membiarkan, meminggirkan atau bahkan menindas rakyatnya sendiri.
Dengan sangat sistematis, Wertheim mengingatkan pentingnya untuk mengkaji dan memahami massa rakyat dengan cara yang empatik, partisipatoris dan berpihak. Dengan mengingatkan para ilmuwan di Indonesia untuk mengkaji “kelompok yang paling miskin dari yang miskin”, Wetheim sebenarnya mengingatkan kita akan pentingnya analisa kelas dan teori-teori sosial Marxist!!.

Additional information

Berat 150 g
Penerbit

Penulis

Cetakan

2009

Halaman

108 halaman

Dimensi

11.5 x 19 cm

Review

Belum ada ulasan.

Hanya pelanggan yang telah membeli produk ini yang dapat memberikan ulasan.

Close Menu
×
×

Cart

WhatsApp chat WhatsApp us