-20%

Arena Produksi Kultural: Sebuah Kajian Sosiologi Budaya

Rp165,000.00 Rp132,000.00

Stok habis

Deskripsi

Arena Produksi Kultural mempersembahkan tulisan-tulisan terpenting Bourdieu seputar kebudayaan, terutama yang terkait dengan seni, sastra, estetika serta posisi intelektual dan buayawan dalam kehidupan sosial.

Di sini Bourdieu mengembangkan pendekatan yang benar-benar orisinal terhadap kajian sastra dan karya-karya senin lain. Dia membahas masalah-masalah kunci yang mengisi ruang perdebatan sastra, seni dan kritik kebudayaan di penghujung abad XX: nilai estetis dan penilaian, konteks sosial praktik cultural, peran intelektual dan seniman, serta struktur otoritas kesusastraan dan kesenian.

Bourdieu membangun sebuah teori arena cultural yang menempatkan karya seni di dalam kondisi-kondisi sosial produksi, sirkulasi dan konsumsinya. Dia mengkaji individu dan lembaga apa saja yang berperan dalam menjadikan karya cultural sebagai produk cultural: bukan hanya penulis dan seniman, tapi juga penerbit, kritikus, dealer, galeri dan akademi-akademi. Dia menganalisis struktur arena cultural maupun posisi arena ini di dalam struktur kekuasaan yang terdapat di ranah sosial yang lebih luas.

Esai-esai yang termuat di sini mengkaji topik-topik yang beragam, mulai dari sudut pandang Flaubert dalam menulis novel, revolusi estetika yang dilancarkan Manet di dunia seni lukis, latar historis kemunculan tatapan murni (pure gaze) dalam mengapresiasi karya seni, serta yang paling penting, hubungan seni dengan kekuasaan.

Arena Produksi Kultural patut sekali dikonsumsi mahasiswa dan ilmuwan dari berbagai disiplin: sosiologi dan teori sosial, sastra, seni serta kajian budaya.

Informasi Tambahan

Berat 500 g
Penerbit

Penulis

Cetakan

2010

Halaman

iii+396 halaman

Dimensi

15,5 x 24 cm

Review

Belum ada ulasan.

Hanya pelanggan yang telah membeli produk ini yang dapat memberikan ulasan.