-15%

AL-MASHA’IR : Uraian tentang Kesadaran Metafisika

Rp67,000.00 Rp57,000.00

Deskripsi

Buku ini menjadi salah bukti bahwa Sadra berhasil mengatasi batas yang terdapat antara bahasa dan pengalaman spiritual-individual. Dengan itu, penggunaan bahasa yang imanen pada dasarnya hanya sebagai modal untuk tampil dalam arena kefilsafatan. Dalam hal ini, pengalaman spiritual tidak melulu berujung pada puisi ataupun analogi, tetapi malah sebagai filsafat yang komprehensif, bahkan menjadi satu aliran baru dalam sejarah pemikiran Islam.

Lebih dari itu, isi buku al-Masha’ir bersifat rigid, padat, metodis, dan dipenuhi dengan perdebatan filosofis; semuanya itu mengikuti bentuk lokal kebahasaan dalam filsafat Islam. Bagaimanapun, apa yang ditawarkan oleh Sadra bukan bentuk imanensi semata tetapi lebih kepada sejenis konteks justinasi yang dengannya pengalaman spiritual-individual tidak kehilangan aspek transendensinya. Dan narasi di dalamnya, meminjam istilah “first philosophy”, mengurai persoalan tentang metafisika umum dan metafisika khusus, yang berarti filsafat antologi dan filsafat ketuhanan.

Pembaca akan melihat bagaimana eksistensi dalam pemikiran Sadra mencakup segala sesuatu. Dan pada akhirnya, Tuhan adalah eksistensi mandiri yang murni, yang tidak ada apa pun selain-Nya kecuali hanya penampakan-Nya.

Additional information

Berat 200 g
Penerbit

Penulis

Cetakan

2019

Halaman

xliv + 126 halaman

Dimensi

12,5 x 20 cm

Review

Belum ada ulasan.

Hanya pelanggan yang telah membeli produk ini yang dapat memberikan ulasan.

Close Menu
×
×

Cart

WhatsApp chat WhatsApp us